Studi Kasus Kalbe Inisiasi Pabrik Obat Kanker di Indonesia

Foto obat Kalbe (Sumber: Istimewa)

Berdasarkan studi kasus Kalbe, mahalnya harga obat serta perawatan membuat tingginya angka kematian yang dialami penderita kanker.

Dari kasus itu Kalbe berinisiatif meminimalisir jumlah kematian yang disebabkan penyakit kanker dengan membangun pabrik obat kanker di dalam negeri.

Pabrik obat yang dibuat berdasarkan studi kasus Kalbe diharapkan mampu menekan harga obat kanker, sehingga biaya berobat para penderitanya akan jauh lebih murah. Demikian dikatakan Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Michael Buyung, di Jakarta, Sabtu (23/5).

“Dengan begitu harga obat kanker dapat ditekan sampai dengan 40 persen,” tegas Buyung.

Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan, antara Januari hingga Juni 2014 terdapat 88.106 kasus rawat jalan akibat penyakit kanker dengan biaya klaim mencapai Rp.124,7 miliar. Sedangkan untuk penderita kanker rawat inap terdapat 56.033 kasus dengan total klaim mencapai Rp. 313,1 miliar.

Bila sebelumnya obat kanker yang dipasarkan Kalbe di Indonesia diimpor dari luar negeri, kini belajar dari studi kasus kalbe obat kanker diproduksi serta dikemas sendiri. Sehingga Kalbe hanya perlu mengimpor bahan bakunya saja.

Sementara itu berdasarkan salah satu artikel berita depok, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk,  Irawati Setiady, mengatakan obat kanker tersebut dapat digunakan untuk kemoterapi, nutrisi untuk pasien kanker, dan terapi penunjang kemoterapi.

“Obat akan dikombinasikan sesuai racikan dokter dan tergantung dari kankernya,” tukas Irawati.

Dari banyak studi kasus, kanker terjadi karena adanya DNA sel yang telah bermutasi dan ketika sel membelah melalui proses mitosis, DNA yang rusak disalin ke dalam sel yang baru. Setelah sel akan menyebar dan membentuk tumor atau kanker.

Dari studi kasus Kalbe, diharapkan pembangunan pabrik obat kanker mampu mengendalikan angka kematian akibat penyakit tersebut.

2 thoughts on “Studi Kasus Kalbe Inisiasi Pabrik Obat Kanker di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s