KONFLIK !!! BUDAYA ATAU KEBIASAAN MASYARAKAT INDONESIA???

Indonesia adalah negara kepulau yang tersebar dari sabang sampai marauke. Oleh karna itu indonesia juga memiliki banyak suku yang tersebar dari sabang sampai marauke. Dari setiap suku – suku di Indonesia itu memiliki keragaman watak,budaya,dan adat istiadatnya. Dari perbedaan – perbedaan tersebut  wajar jika di Indonesia sering terjadi konflik baik yang bersifat individu,keluarga,suku,kelompok atau golongan. Sebagai contoh bisa kita lihat dimana konflik antar suku masih sering terjadi,hal tersebut bisa disebabkan oleh masalah sepele sampai masalah besar,mulai dari saling ejek antar suku bahkan sampai masalah pembunuhan.

Masalah di Papua hanya sebagian kecil saja dari macam – macam konflik di Indonesia yaitu konflik antar suku. Wajar mungkin jika konflik antar suku terjadi didaerah seperti papua,tapi apakah mungkin wajar jika konflik terjadi di daerah kota yang notabennya adalah ibukota negara Indonesia?. Mungkin hal tersebut masih dianggap wajar oleh sebagian warga ibukota yang memiliki sebuah kepentingan tersendiri,sebagai contoh untuk dalam menjalankan aksi unjuk rasa mereka melakukan provokator terhadap pendemo sehingga menimbulkan sebuah kekacauan,dan juga dalam contoh kasus persidangan,karna tidak puas terhadap suatu putusan akhirnya mereka melakukan kekerasan antara pendukung hakim dan yang kontra hakim. Sungguh sangat disayangkan sekali di ibukota saja karna tidak senang terhadap suatu putusan bisa menimbulkan sebuah konflik yang sifatnya mengancam ketenangan ibukota kita ini.

Wajar bila ibukotanya saja sering terjadi konflik bagaimana provinsi – provinsi lain yang tersebar dari sabang sampai marauke. Seharusnya kita harus sadar yang namanya pertikaian dan konflik itu tidak baik untuk kelangsungan dan keutuhan suatu bangsa,apa yang dunia kata jika Bangsa Indonesia yang terkenal didunia memiliki sifat kerukunan dan tolong – menolong ternyata didalamnya malah sering terjadi konflik. Sesungguhnya hal tersebut bisa menjadikan kita dewasa baik dimata bangsa sendiri dan di mata internasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s